Hakikat Tafaqquh.



Berkata Hujjahtul Islam Al Imam Al Ghazali didalam kitabnya, Bidayatul Hidayah. Rasulallah shalallahi wassalam bersabda. “ Barangsiapa menolong walupun dengan kalimat kemaksiatan maka ia mendapatkan ganjaran sepetu pelaku maksiat.” Adapun orang yang berniat bertafaqquh kepada Allah dengan mencari ilmu dijalanya. Itu merupakan hidayah Allah. Maka bergembiralah karena sesungguhnya para malaikat rahmat menggelar sayapnya untuk dilewati orang tersebut dan demikian pula ikan-ikan di laut memintakanya maaf.

Ketahuilah wahai para penuntut ilmu yang mendapatkan hidayah ( petunjuk ) bahwasanya hidayah tersebut adalah buah dari ilmu. Redaksi berkata, maka sekali lagi bersyukurlah kita apabilah jika sampai hari ini kita masih diberi kesempata oleh Allah menghirup udara dunia karenanya “ Tidak Allah ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadanNya.” Qs AD Dzariyat; 56. Sungguh nikmatyang luar biasa diberi kesempatan oleh Allah menuntu ilmu dijalanya dengan ikhlas.

Seiring berjalanya waktu akan menjadikan ketawadluan bagi penuntut ilmu dan dengan ilmu tersebut menjadikannya takut akan adzab Allah juga mendekatkan kepadannya kepada kebaikan surga Allah. Ikhwan wal akhwat saudaraku didalam sebuah hadist rasulallah bersabda.” Barangsipa diridhoi  Allah maka akan difahamkan baginya ilmu agama.”

Mari kita koreksi diri sendiri sebelum mengkoreksi orang lain mari tinggalkan berdebatan dan lebih mefokuskan diri mencari ilmu dengan menghindari perdabatan diantara masalah khilafiyah. Karena berdebatan akan memunculkan sifat hassad pada diri manusia dan rasulallah bersabda, “ Sesungguhnya Hassad memakan habis pahala kebaikan seperti api membakar kayu.” Ikwan dan akwat saudaraku yang aku cintai beruntunglah kita menjadi ummat terbaik. Sholawat dan salam tetap atas Rasuallah shalallahi wasalam dan para keluarga, sahabat dan keturunanya semoga Allah mengampuni dosa kita dan kedua orang tua kita dengan kita dimatikan oleh Allah dalam keadaan khusnul khotimah.

#Tafaqquh

Akhukum fillah,


Hamba Allah

Komentar

Mutiara Hadist


Dari Abi Hurairah : Rasulallah bersabda." Janganlah kamu berbuat Hasut, karena Hasut membakar kebaikan seperti api membakar kayu." Sunan Abu Dawud dan Ibni majah dari Hadist Anas didalam kitab Bulughul Maram.

Author Details


___________________________________________________

Masail Fiqihah


Nasehat Tassawuf

Klik Disini

Klik Disini
Media Islam Terpercaya, www.nu.or.id

Ziarah Ulama'

Mata Santri


Kilas Pesantren.

Quote's


" Tidak mudah untuk mengobati penyakit hatikecuali dengan memperbanyak takut dan hijrah."-Nasehat

Cara cepat baca kitab arab ( Metode Al-Miftah, Sidogiri )

Cerita Pendek